SILABUS

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi       :  3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan

sehari-hari dan industri.

Alokasi Waktu                    :  38 jam (6 jam untuk UH)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat

3

3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • § konsentrasi larutan (Kemolaran)
  • § faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
  • § Laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
  • § Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menerima penjelasan konsep laju reaksi
  • § Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • § Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
  • § Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
  • § Menjelaskan pengertian laju reaksi
  • § Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan , suhu, dan katalis) melalui percobaan.
  • § Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  tugas kelompok-  ulangan

  •   Bentuk instrumen

– performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis,

–  tes tertulis

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat

untuk

percobaan

3.2. Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • § teori tumbukan
  • § orde reaksi
  • § Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
  • Mengidentifikasi reaksi yang menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator dengan menggunakan teori  tumbukan melalui diskusi kelas.
  • § Menentukan orde reaksi berdasar-kan data percobaan melalui diskusi kelas.
  • § Menjelaskan peranan katalis dalam reaksi melalui diskusi.
  • § Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
  • § Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
  • § Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
  • § Menentukan orde reaksi total
  • § Menentukan persamaan laju reaksi.
  • § Menentukan harga tetapan laju (k)
  • § Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
10 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3. Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.
  • § kesetimbangan dinamis
  • § Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan
  • § Menjelaskan tentang kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen serta tetapan kesetimbangan melalui diskusi kelompok
  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan.
  • § Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
  • § Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
  • § Merumuskan tetapan kesetimbangan Kc dan Kp
  • § Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier
  • § Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  tugas kelompok-  ulangan

  •   Bentuk instrumen

– performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis,

–  tes tertulis

4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat

untuk

percobaan

3.4. Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
  • § Hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari reaksi kesetimbangan
  • Menghitung harga Kc,  Kp dan derajat disosiasi (penguraian) melalui diskusi.
  • § Latihan menghitung harga Kc, Kp.
  • § Merumuskan hubungan Kp dan Kc
  • § Latihan menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.
  • § Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
  • § Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
  • § Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
  • § Menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.
  • Jenis tagihan

–  tugas individu

–  ulangan

  •   Bentuk instrumen

– laporan tertulis,

–  tes tertulis

12 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

 

3.5. Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri
  • § proses Haber Bosch dan proses kontak
  • § Mengkaji kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan melalui diskusi.
  • § Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan.
2 jam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s