RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 17 dan 18
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor – faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan
industri.
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Indikator
Pertemuan 17
- Menghitung konsentrasi larutan ( Molaritas)
- Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
Pertemuan 18
- Menjelaskan pengertian laju reaksi
- Menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi dengan percobaan
- Menafsirkan grafik dan data percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 17
- Menghitung konsentrasi larutan ( Molaritas)
- Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
Pertemuan 18
- Menjelaskan pengertian laju reaksi
- Menganalisis faktor – faktor yang mempenngaruhi laju reaksi
- Menafsirkan grafik dan data percobaan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Materi Pembelajaran
– Konsentrasi larutan ( Molaritas)
– Pengenceran larutan
– Definisi laju reaksi
– Faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Metode Pembelajaran
- Diskusi Informasi
- Demontrasi
- Eksperimen
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 17
Kegiatan awal :
- Apresiasi pengertian larutan dan massa molar
Kegiatan Inti:
- Melakukan percobaan untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
Kegiatan Akhir :
- o Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil percobaan
Pertemuan ke 18 :
Kegiatan awal :
- Pembagian kelompok praktikum
Kegiatan Inti:
- Melakukan eksperimen tentang faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Kegiatan Akhir :
- Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil eksperimen.
Alat / Bahan / Sumber :
- Buku kimia
- Alat dan bahan praktikum
Penilaian
- Teknik Penilaian
- Portofolio
- Laporan hasil eksperimen
- Penilaian Sikap
- Tes tertulis
- Ulangan Harian
Contoh instrumen :
1. Hitunglah konsentrasi larutan yang dibuat dari 4 gram NaOH yang dilarutkan dalam air sampai volume 500 ml!
2. Jelaskan faktor-faktor berikut dalam mempengaruhi laju suatu reaksi :
a. konsentrasi
b. suhu
c. luas permukaan
d. katalis
3. Setiap kenaikan 10oC suatu reaksi akan berlangsung 2 kali lebih cepat.
Jika pada suhu 30oC reaksi pembentukan CaCl2 berlangsung selama 25 detik,
tentukan waktu yang diperlukan jika reaksi berlangsung pada suhu 70oC!
………………….,…………………..2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
…………………………………. ………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 19 – 23
Alokasi waktu : 10 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.2. Memahami teori tumbukan untukmenjelaskan faktor – faktor penentu laju dan arah reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari – hari.
Indikator
Pertemuan ke 19
- Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan
Pertemuan ke 20
- Membedakan diagram energi aktifasi dari reaksi dengan menggunakan katalis dan tidak menggunakan katalis.
- Menjelaskan pengertian peranan katalis dan energi aktifasi dengan menggunakan diagram.
Pertemuan ke 21
- Menentukan orde reaksi berdasarkan data percobaan dan grafik
Pertemuan ke 22
- Menentukan persamaan laju reaksi
- Menentukan harga tetapan laju reaksi (k)
Pertemuan ke 23
- Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri
Tujuan Pembelajaran
- Dapat menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan
- Dapat membedakan diagram energi aktifasi dari reaksi dengan menggunakan katalis dan tidak menggunakan katalis.
- Dapat menjelaskan pengertian peranan katalis dan energi aktifasi dengan menggunakan diagram.
- Dapat menentukan orde reaksi berdasarkan data percobaan dan grafik
- Dapat menentukan persamaan laju reaksi
- Dapat menentukan harga tetapan laju reaksi (k)
- Dapat menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri
Materi Pembelajaran
- Teori tumbukan
- Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
- Pengaruh katalisator
- Orde reaksi
Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 19 :
Kegiatan awal :
- Apresiasi faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Kegiatan Inti:
- Diskusi kelompok mengenai teori tumbukan dan katalisator
Kegiatan Akhir :
- o Menyimpulkan hasil diskusi
Pertemuan ke 20 s/d 22 :
Kegiatan awal :
- Pre test pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi
Kegiatan Inti:
- Menganalisis data hasil percobaan
- Mendeskripsikan pengertian orde reaksi
Kegiatan Akhir :
- o Pemberian tugas mengenai persamaan laju reaksi dan orde reaksi.
Pertemuan ke 23 :
Kegiatan awal :
- Pre test pengaruh katalis terhadap laju reaksi
Kegiatan Inti:
- Diskusi kelompok tentang peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri
Kegiatan Akhir :
- Menyimpulkan hasil diskusi
Alat / Bahan / Sumber
- Buku kimia
Penilaian
- Teknik Penilaian
- Portofolio
- Laporan hasil diskusi kelompok
- Penilaian Sikap
- Tes tertulis
- Ulangan Harian
Contoh instrumen :
- Jelaskan prinsip teori tumbukan antar molekul !
- Jelaskan faktor-faktor dalam mempengaruhi laju suatu reaksi berdasarkan teori tumbukan berikut :
- konsentrasi
- suhu
- luas permukaan
- katalis
3. Bagaimana cara kerja katalis dalam sebuah reaksi kimia?
4. Jelaskan prinsip penggunaan katalis dalam industri kimia!
………………….,…………………..2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
…………………………………. ………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 24 dan 25
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.3.Menjelaskan kesetimbangan dan faktor – faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.
Indikator
Pertemuan 24 :
- Menjelaskan kesetimbangan dinamis
- Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen
- Menentukan rumusan tetapan kesetimbangan
Pertemuan 25
- Meramalkan arah pergerseran kesetimbangan dengan menggunakan asas Le Chatelier
- Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volume pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
Tujuan Pembelajaran
- Dapat menjelaskan kesetimbangan dinamis
- Dapat menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen
- Dapat menentukan rumusan tetapan kesetimbangan
- Dapat meramalkan arah pergerseran kesetimbangan dengan menggunakan asas Le Chatelier
- Dapat menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volume pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
Materi Pembelajaran
- Kesetimbangan dinamis
- Faktor – faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok
- Tanya jawab
- Eksperimen
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 24 :
Kegiatan awal : Motivasi dan Apersepsi
Kegiatan Inti:
- Diskusi kelompok mengenai kesetimbangan dinamis
- Diskusi kelompok mengenai kesetimbangan homogen dan heterogen
- Membuat rumusan Kc dari reaksi kesetimbangan
- Menjelaskan berlakunya asas Le Chatelier
Kegiatan Akhir :
- o Menyimpulkan hasil diskusi
Pertemuan 25 :
Kegiatan awal :
- Mempersiapkan alat dan bahan praktikum
Kegiatan Inti:
- Eksperimen tentang pergeseran kesetimbangan
Kegiatan Akhir :
- o Membuat laporan percobaan
Alat / Bahan / Sumber
- Buku kimia
- LKS
- Alat dan bahan percobaan
Penilaian
- Jenis Tagihan : tugas individu
- Performans ( kinerja dan sikap )
………………….,…………………..2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
…………………………………. ………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 26 – 30
Alokasi waktu : 12 x 45 menit.( 2 JP = UH)
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.4.Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
Indikator
Pertemuan 26
- Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
Pertemuan 27dan 28
- Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
Pertemuan 29
- Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang.
Pertemuan 30
- Menghitung harga Kc berdasarkan harga Kp atau sebaliknya
Tujuan Pembelajaran
- Dapat menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
- Dapat menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
- Dapat menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang.
- Dapat menghitung harga Kc berdasarkan harga Kp atau sebaliknya
Materi Pembelajaran
- Hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari reaksi kesetimbangan
Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok
- Tanya jawab
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 26 dan 27 :
Kegiatan awal : Motivasi dan Apersepsi
Kegiatan Inti:
- Diskusi kelompok mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
Kegiatan Akhir :
- o Menyimpulkan hasil diskusi
Pertemuan 28 ,29 dan 30 :
Kegiatan awal :
- Motivasi dan Apersepsi
Kegiatan Inti:
- menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
- menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
- Dapat menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang Kegiatan Akhir
Alat / Bahan / Sumber
- Buku kimia
- LKS
Penilaian
- Jenis Tagihan : tugas individu
- Ulangan Harian
………………….,…………………..2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
…………………………………. ………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Program / Semester : XI / IPA / 1
Pertemuan : 31
Alokasi waktu : 2 x 45 menit.
Standart Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia dan faktor yang mempengaruhinya serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari dan industri.
Kompetensi Dasar : 3.5. Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari – hari dan industri
Indikator
- Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan – bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan
Tujuan Pembelajaran
- Dapat Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan – bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan
Materi Pembelajaran
- Proses Haber Bosch dan proses kontak
Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok
- Tanya jawab
Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Kegiatan awal : Pre test faktor – faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan
Kegiatan Inti:
- Diskusi kelompok mengenai kondisi optimum untuk memproduksi bahan – bahan kimia di industri berdasarkan pada reaksi kesetimbangan
Kegiatan Akhir :
- o Menyimpulkan hasil diskusi
Alat / Bahan / Sumber
- Buku kimia
- LKS
Penilaian
- Jenis Tagihan : tugas individu
- Ulangan Harian
………………….,…………………..2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran Kimia
Kepala Sekolah
…………………………………. ………………………………………